Sistematika Proposal Kegiatan PKM-T

Sistematika Proposal Kegiatan

Proposal PKM-T ditulis menggunakan hurufTimes New Roman ukuran font 12 dengan jarak baris 1,15 spasi dan ukuran kertas A-4 margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Halaman Sampul sampai dengan Daftar   Isi diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,.. dst yang diletakkan pada sudut kanan bawah, sedangkan halaman utama yang dimulai dari Pendahulan sampai dengan halaman Lampiran diberi halaman dengan angka arab: 1, 2, 3, …dst yang diletakkan pada sudut kanan atas.  Sedangkan format penulisannya mengikuti sistematika sebagai berikut.

HALAMAN SAMPUL (Lampiran 2.4).

HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 2.5).

DAFTAR ISI

BAB I. PENDAHULUAN

Pada bab ini, uraikan proses dalam mengidentifikasi masalah pada  mitra yang akan dicari solusinya dengan merujuk dari berbagai sumber pustaka, pandangan singkat dari para penulis/peneliti lain yang pernah melakukan pembahasan atas topik terkait dapat dikemukakan di sini.

Uraikan secara kuantitatif potret, profil dan kondisi mitra yang akan dilibatkan dalam kegiatan PKM-T. Selain itu,uraikan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan.

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini, uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan membantu mitra dalam meningkatkan usaha atau kegiatannya. Uraikan literatur yang memiliki keterkaitan   dengan   ipteks   yang   akan   diterapkan   pada   mitra.   Tunjukkan  juga keberadaan produk-produk teknologi yang mendukung pada ide PKM-T.

Pada bagian ini harus diuraikan pada aspek mana bantuan teknologi yang ditawarkan diyakini akan mampu meningkatkan nilai tambah bagi mitra, misalnya peningkatan mutu produk,  perbaikan  proses  produksi,  pengolahan  limbah,  sistem  jaminan  mutu dan lain-lain atau aspek-aspek manajemen yang mencakup pemasaran, pembukuan atau status usaha.

BAB 3. METODE PENELITIAN

Pada  bab  ini,  uraikan secara lengkap mengenai  teknik,  cara  pelaksanaan  program (pendidikan,    konsultasi, pelatihan, rekayasa keteknikan, rekayasa sosial, pendampingan, pengujian mutu, dll) dan tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggaran Biaya

Ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan kebutuhan dan disusun mengikuti format pada Tabel  3.1.

Tabel 2.1 Format Ringkasan Anggaran Biaya PKM-T

No Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)
1 Peralatan penunjang, ditulis sesuai kebutuhan.
2 Bahan habis pakai, ditulis sesuai dengan kebutuhan.
3 Perjalanan, jelaskan kemana dan untuk tujuan apa.
4 Lain-lain: administrasi, publikasi, seminar, laporan, lainnya sebutkan.
Jumlah

4.2 Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan antara 3 (tiga) sampai 5 (lima) bulan dan disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana kegiatan yang diajukan dan sesuai dengan format pada Lampiran 3.1.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam Proposal kegiatan yang dicantumkan di dalam daftar pustaka.

LAMPIRAN- LAMPIRAN

Lampiran 1.  Biodata  Ketua,  Anggota  dan  Dosen  Pembimbing  yang  ditandatangani (Lampiran 3.2)

Lampiran 2.  Justifikasi Anggaran Kegiatan (Lampiran 3.3).

Lampiran 3.  Susunan  Organisasi  Tim  Kegiatan  dan  Pembagian  Tugas  (Lampiran 3.4).

Lampiran 4.  Surat Pernyataan Ketua Kegiatan (Lampiran 3.5)

Lampiran 5.  Surat Pernyataan Kesediaan dari Mitra (Lampiran 3.6).

Lampiran 6.  Gambaran Teknologi yang akan Diterapkembangkan.

Lampiran 7.  Denah Detail Lokasi Mitra Kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − one =