Sistematika Proposal Kegiatan PKM-M

Sistematika Proposal Kegiatan

Proposal PKM-M ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi dan ukuran kertas A-4 margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Halaman Sampul sampai dengan Daftar Isi diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,.. dst yang diletakkan pada sudut kanan bawah, sedangkan halaman utama yang dimulai dari Pendahulan sampai dengan halaman Lampiran diberi halaman dengan angka arab: 1, 2, 3, …dst yang diletakkan pada sudut kanan atas. serta mengikuti sistematika sebagai berikut.

HALAMAN SAMPUL (Lampiran 2.7).

HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 2.8).

DAFTAR ISI

BAB 1. PENDAHULUAN

Uraikan latar belakang dan permasalahan atas kegiatan yang diusulkan. Pada bab ini juga uraikan secara kuantitatif potret, profil dan kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan PKM-M. Uraikan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini dan manfaat kegiatan juga harus disajikan pada bab ini.

BAB 2. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN

 

Penjelasan mengenai kondisi masyarakat sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian agar diuraikan secara faktual. Uraikan permasalahan yang dihadapi masyarakat  yang membutuhkan bantuan penyelesaiannya.  Hindari  adanya kegiatan penelitian atau kegiatan survei dalam Proposal PKM-M.

BAB 3. METODE PELAKSANAAN

Pada bagian ini uraikan secara jelas teknik, cara pelaksanaannya (pelatihan, pendampingan,   demplot,    konsultasi,    rekayasa   social    dll),    teknik pengumpulan, pengolahan dan   analisis data serta tahapan         pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggaran Biaya

Ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan kebutuhan dan disusun mengikuti format pada Tabel  3.1.

Tabel 2.1 Format Ringkasan Anggaran Biaya PKM-K

No Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)
1 Peralatan penunjang, ditulis sesuai kebutuhan.
2 Bahan habis pakai, ditulis sesuai dengan kebutuhan.
3 Perjalanan, jelaskan kemana dan untuk tujuan apa.
4 Lain-lain: administrasi, publikasi, seminar, laporan, lainnya sebutkan.
Jumlah

 

4.2 Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan antara 3 (tiga) sampai 5 (lima) bulan dan disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana kegiatan yang diajukan dan sesuai dengan format pada Lampiran 3.1.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1.  Biodata  Ketua,  Anggota  dan  Dosen  Pembimbing  yang  ditandatangani (Lampiran 3.2)

Lampiran 2.  Justifikasi Anggaran Kegiatan (Lampiran 3.3).

Lampiran 3.  Susunan  Organisasi  Tim  Kegiatan  dan  Pembagian  Tugas  (Lampiran 3.4).

Lampiran 4.  Surat Pernyataan Ketua Kegiatan(Lampiran 3.5)

Lampiran 5.  Surat Pernyataan Kesediaan dari Mitra (harus ada) (Lampiran 3.6). Lampiran 6. Denah Detail Lokasi Mitra Kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 5 =