Sistematika Proposal Kegiatan PKM-K

Sistematika Proposal Kegiatan

Proposal PKM-K ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi dan ukuran kertas A-4 margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Halaman Sampul sampai dengan Daftar Isi diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,.. dst yang diletakkan pada sudut kanan bawah, sedangkan halaman utama yang dimulai dari Pendahulan sampai dengan halaman Lampiran diberi halaman dengan angka arab: 1, 2, 3, …dst yang diletakkan pada sudut kanan atas.  Sedangkan format penulisannya mengikuti sistematika sebagai berikut.

HALAMAN SAMPUL (Lampiran 2.4).

HALAMAN PENGESAHAN (Lampiran 2.5).

DAFTAR ISI

BAB I. PENDAHULUAN

Uraikan latar belakang, alasan yang mendasari, dan  urgensi  (keutamaan) kegiatan kewirausahaan yang diusulkan serta proses mengidentifikasi peluang usaha termasuk uraian tentang persoalan masyarakat usaha dan kelayakan usaha tersebut. Selain itu, tunjukkan masalah yang menjadi prioritas dalam kegiatan yang akan dilaksanakan. Luaran dan manfaat kegiatan yang diharapkan dari kegiatan ini dan manfaat kegiatan juga harus disajikan pada bab ini.

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

Pada bab ini, uraikan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan menciptakan kegiatan usaha. Gambaran mengenai potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan disajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha. Gambaran usaha yang direncanakan harus menjanjikan perolehan profit untuk    menjamin        peluang           keberlanjutan  usaha  setelah kegiatan            PKM-K selesai dilaksanakan.

BAB 3. METODE PENELITIAN

Metode pelaksanaan menyajikan uraian tentang teknik, cara atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program.

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggaran Biaya

Ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan kebutuhan dan disusun mengikuti format pada Tabel  3.1.

Tabel 2.1 Format Ringkasan Anggaran Biaya PKM-K

No Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)
1 Peralatan penunjang, ditulis sesuai kebutuhan.
2 Bahan habis pakai, ditulis sesuai dengan kebutuhan.
3 Perjalanan, jelaskan kemana dan untuk tujuan apa.
4 Lain-lain: administrasi, publikasi, seminar, laporan, lainnya sebutkan.
Jumlah

 

4.2 Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan antara 3 (tiga) sampai 5 (lima) bulan dan disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana kegiatan yang diajukan dan sesuai dengan format pada Lampiran 3.1.

 

BAB 6. LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1.  Biodata    Ketua    dan    Anggota,    Biodata    Dosen    Pembimbing yang ditandatangani (Lampiran 3.2)

Lampiran 2.  Justifikasi Anggaran Kegiatan (Lampiran 3.3).

Lampiran 3.  Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas (Lampiran 3.4). Lampiran 4.

Surat Pernyataan Ketua Peneliti (Lampiran 3.5).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − fifteen =